Cara Menggunakan Rufus Untuk Install Ulang Windows

Cara Menggunakan Rufus Untuk Install Ulang Windows
Cara Menggunakan Rufus Untuk Install Ulang Windows - Rufus adalah aplikasi portabel sumber terbuka dan gratis untuk Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk memformat dan membuat USB flash drive yang dapat di-boot atau Live USB. Aplikasi ini dikembangkan oleh Pete Batard dari Akeo Consulting.

Kegunaan dari Rufus
Membuat media instalasi USB dari ISO bootable (Windows, Linux, UEFI, dll.) Bekerja pada sistem yang tidak memiliki OS yang terinstal. Melakukan flash BIOS atau firmware lain dari DOS. Sebelum lanjut ke langkah- langkahnya Anda terlebih dahulu harus mendownload aplikasi Rufus.Ada  dua versi Rufus yang bisa Anda download yaitu installer dan portable dengan ukuran file yang terbilang cukup kecil untuk sebuah aplikasi desktop yaitu hanya 1 MB. Tersedia juga arsitektur 32 bit dan 64 bit sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan OS yang sedang berjalan di PC/laptop Anda. Baiklah tidak usah berlama - lama lagi langsung saja ke tutorial .

Baca Juga : 
  • Download dulu aplikasinya Rufus, lalu silahkan di instal seperti biasa.
  • Masukan Flahdisk Kemudian Jalankan Aplikasi Rufus. Disarankan menggunakan flashdisk berkapasitas 8 GB atau yang lebih besar.
  • Langkah berikutnya Rufus akan secara otomatis mendeteksi informasi dari flashdisk .


  • Selanjutnya klik tombol SELECT, kemudian silahkan masuk ke folder dimana file ISO sistem operasi disimpan Lalu Klik Open.

  • Pada langkah ini, Anda perlu mengatur Boot Selection. Namun secara otomatis aplikasi akan menampilkan versi operasi sistem yang sudah Anda tambahkan tadi. Untuk bagian Partition scheme silahkan pilih MBR dan di bagian  Target system menjadi BIOS (or UEFI-CSM).


  • Pada  bagian Format Option, silahkan beri nama Volume Label sesuai dengan selera. Kemudian atur File system ke NTFS selanjutnya Show advanced format options lalu centang Quick Format dan create extended label and icon files seperti gambar di bawah ini.

  •  Jika sudah sekarang  Klik tombol Start untuk memulai proses pembuatan bootable menggunakan flashdisk.
  • Pada langkah ini kita tinggal menunggu proses pembuatan bootable yang mungkin memakan waktu 10 sampai 15 menit. Tergantung besar file ISO windows dan kecepatan flashdisk yang kita gunakan.

  • Langkah terakhir, akan muncul  status berwarna hijau pada bar proses disertai  tulisan Ready. Ini menandakan bahwa proses membuat bootable flashdisk sudah selesai. Silahkan tekan tombol close dan flashdisk siap digunakan, jangan lupa juga eject flashdisk dengan aman.

Setelah proses pembuatan flashdisk bootable selesai, maka Anda sudah bisa menggunakannya untuk melakukan instal ulang Windows. Restart PC/ laptop Anda lalu masuk ke menu setting BIOS untuk mengatur booting BIOS pada PC/laptop Anda menjadi  first booting ke flashdisk.
 Semoga Bermanfaat (^-^).


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Label

Recent Posts